PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UMBY GELAR BIMTEK TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
(Yogyakarta 23/12) Dalam rangka memberikan edukasi kepada calon pendidik maupun pendidik terkait perkembangan teknologi informasi terkini, Prodi Pendidikan Matematika UMBY menggelar Bimtek Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika, Kamis (19/12/19) di Ruang Puskom Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Bimtek yang bertemakan “Implementation Mathematics in 4.0” ini mengenalkan bagaimana membuat perangkat pembelajaran matematika menggunakan visual block coding. Materi langsung disampaikan oleh Jakim Wiyoto, S.Si dan Anang Heni Tarmoko, S.Sos., M.Sn selaku pengelola bidang pengembangan perangkat pembelajaran Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Menurut Nuryadi, S.Pd.Si, M.Pd, Koordinator
PPMPM (Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika) UMBY, bimtek ini
akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan tidak hanya satu kali.
Sebanyak 16 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan alumni pendidikan
matematika UMBY akan mendapatkan pelatihan langsung dari PPPPTK. Beberapa
alumni pendidikan matematika UMBY sudah bekerja di dunia pendidikan, mulai dari
guru hingga kepala sekolah. “Setelah kegiatan ini selesai, diharapkan nantinya
peserta yang terlibat mampu menerapkannya dalam pembelajaran matematika di
kelas, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis komputer,” jelas
Nuryadi. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa teknologi Augmented Reality
yang dirancang akan memungkinkan pendidik untuk dapat menampilkan objek matematika
secara 3D.
Adanya kolaborasi antara media
pembelajaran dan teknologi Augmented Reality merupakan salah satu upaya
kreatif dan inovatif yang dapat ditawarkan pada peserta didik. Luaran dari
kegiatan bimtek ini adalah tidak hanya menghasilkan aplikasi AR yang bisa
dijalankan di smartphone tetapi juga bahan ajar matematika. Dengan
memanfaatkan teknologi Augmented Reality, materi pembelajaran matematika
dapat terlihat lebih nyata dan bisa meningkatkan animo peserta didik dalam
mempelajari matematika. Beberapa software yang digunakan selama bimtek
diantaranya 3Sweep, Paint 3D, OpenSCAD, dan TinkerCAD. Penggunaan Augmented
Reality dapat memberi unsur “fun” dalam pembelajaran matematika. Penguasaan
konsep aplikasi matematika perlu lebih difokuskan dibandingkan mekanisme
kalkukasinya sendiri, sebab matematika bukan hanya menghafal rumus. Oleh karena
itu, bimtek ini sangat bermanfaat bagi pendidik maupun calon pendidik yang
ingin menggunakan matematika dalam mensimulasikan ide-ide mereka. Banyak hal
bisa dilakukan melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality, mulai
dari pemodelan 2D, proyeksi 3D, hingga algoritma pemograman yang kompleks.
Gandung
Leave a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *